Beranda > Makalah > MAKALAH AGAMA YAHUDI

MAKALAH AGAMA YAHUDI

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar belakang masalah
Yahudi (Judaism) merupakan agama yang awalnya dibawa oleh Nabi Musa as. Menurut pendapat yang paling populer, nama agama ini diambil dari nama salah satu dari dua belas anak Ya’qub yaitu Judah. Sebetulnya, keseluruhan keturunan Ya’qub adalah mereka yang disebut sebagai Bani Israel (yang berarti keturunan Israel, sementara Israel adalah nama lain Ya’qub), seluruh keturunan Ya’qub terusir dari tempat tinggal mereka kecuali anak keturunan Judah. Mereka inilah yang kemudian disebut sebagai Umat Yahudi.
Pada dasarnya agama yahudi mempunyai beberapa ajaran yang sama dengan dengan ajaran islam, diantaranya dalam hal mengkhitan, mereka mengharuskan bagi pemeluk agama yahudi untuk mengkhitan anak-anak mereka dan kemudian dirayakan, sebagai bentuk penyambutan atas masyarakat yahudi yang baru. Untuk mengetahui agama secara detail maka pemakalah mengambil judul agama yahudi.
B. Rumusan masalah
1. Bagaimana sejarah yahudi?
2. Apakah kitab-kitab suci agama yahudi?
3. Apa saja ajaran-ajaran yahudi?
4. Bagaiman pandangan yahudi tentang etika?
5. Bagaiman pandangan islam terhadap agama yahudi?

BAB II
PEMBAHASAN

A. Sejarah Yahudi
Yahudi adalah sebuah nama yang bisa dipakaikan untuk agama dan bisa pula untuk bangsa. Jadi istilah “Agama Yahudi” dan “Bangsa Yahudi” sama-sama benar keduanya. Sejarah Yahudi dapat kita lihat pada perjanjian lama. Pada awalnya, Israel hanyalah sebuah kelompok bersatu yang terdiri dari suku-suku, lalu ia menjadi sebuah kerajaan. Setelah terbebas dari perbudakan di Mesir, mereka menaklukkan negeri Kan’an. Sejarah Yahudi mencapai masa keemasannya pada nabi Daud as dan sulaima as, sedangkan masa yang paling menyedihkan dalam sejarahnya masa perbudakan selama di Mesir dan Babilonia (586 SM), serta masa penyerangan Romawi (70M).
B. Kitab suci dan isinya
Kitab suci agama Yahudi adalah Talmud, yaitu sebuah kitab yang diaggap suci orang-orang Yahudi yang berisi ajaran-ajaran agama yang bersifat latin. Lebih jelas lagi, Talmud adalah kitab Ideologi yang menfasirkan dan menjelaskan semua pengetahuan, ajaran undang-undang kehidupan, moral, dan budaya bangsa Israel. Dan mereka meyakini bahwa Talmud adalah kitab lebih suci daripada Taurat.
Kitab talmud terdiri dari dua bagian utama, yaitu Mishnah dan Gemara. Akan tetapi masih banyak lagi lampiran dan tafsiran lain yang sangat banyak di luar bagian utama tersebut.
Kitab Misnah
Misnah adalah bagian pertama dan yang paling uatama dari semua isi Talmud. Di mana pun orang-orang Yahudi bersandar pada kitab ini, dan manjadikannya sebagai kitab yang paling terpercaya untuk undang-undang kehidupan agama mereka. Bagian Mishnah adalah:
1. Zerain: bagian ini berisi peraturan-peraturan agama yang berkenaan dengan pertanian. Ini terdiri dari 11 risalah
2. Moed: bagian ini kusus membahas tentang puasa dan hari-hari besar. Ini terdiri dari 12 risalah
3. Nashim: bagian ini berisi berbagai undang-undang tentang wanita, seperti perkawinan, perceraian, kewajiban wanita, shalat wanita, dan segala hal yang berhubungan dengan mereka. Ini terdiri dari 7 risalah.
4. Nazikin: bagian ini kusus berhubungan dengan masalah kejahatan atau kriminalitas, baik pidana maupun perdata. Ini terdiri dari 10 risalah.
5. Kodasihm: bagian ini membahas tentang masalah-masalah sesembahan kurban, dan semua upacara keagamaan. Ini terdiri dari 11 risalah.
6. Toharoth: bagian ini berisi tentang masalah thoharoth yang berkaitan dengan dengan kesucian lahir dari benda-benda najis. Ini terdiri dari 12 risalah.
Kitab Gemara
Bagian kedua dari Talmud bernama Gemara. Kitab ini timbul akibat adanya berbagai perdebatan dan pertikaian pendapat dari para rabbi Yahudi tentang kandungan kitab Mishnah. Semua debatan dan pertikaian pendapat tersebut kemudian dikumpulkan menjadi satu dan dijadikan sebuah kitab baru tersendiri (terpisah) dari kitab Mishnah. Kitab Mishnah yang semula dijadikan pegangan oleh orang-orang Yahudi karena dianggap sebagi kitab suci (undang-undang kedua) setelah Taurat, akhirnya digantikan oleh kitab Gemara lantaran banyaknya teks-teks yang masih global yang tidak jelas penafsirannya dalam kitab Mishnah tersebut. Maka jelaslah bahwa Gemara adalah syarah, penjelasan, komentar, tafsir, atau cacatan pinggir dari kitab Mishnah.
C. Ajaran agama Yahudi
1. 10 perintah Tuhan (The Ten Commandments)
a. Aku adalah Tuhanmu, yang telah membawa kamu keluar dari Mesir, keluar dari rumah perhambaan. Jangan ada Tuhan bagimu selain Aku.
b. Jangan diperbuat olehmu akan patung ukiran atau akan barang peta daripada barang yang dalam langit di atas, atau daripada barang yang diatas bumi dibawah, atau daripada barang yang di dalam air di bawah bumi. Jangan kamu menyembah sujud atau berbuat bakti kepadanya, karena Akulah Tuhanmu, Allahmu, Allah yang cemburuan adanya yang membalas durhaka segala bapa sampai kepada anak-anaknya yang kepada gilir ketiga dan yang keempat pun daripada segala orang yang membenci akan Daku. Tetapi Aku menunjuk kemarahanKu akan beribu-ribu gilir orang, yang mengasihi akan Daku dan yang memeliharakan segala firmanKu.
c. Jangan kamu menyebut nama Tuhan, Allah dengan sia-sia, karena tiada dibilangkan Tuhan dari segala orang yang menyebut namanya dengan sia-sia.
d. Ingatlah kamu akan hari Sabbaht, supaya kamu sucikan dia. Bahwa enam hari lamanya kamu bekerja dan mengerjakan segala pekerjaan, tetapi hari yang ketujuh itulah sabat Tuhan, Allahmu, pada hari itu jangan kamu bekerja, baik kamu atau anakmu laki-laki atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau binatangmua, atau orang dagang yang ada dalam pintu gerbangmu.
e. Berilah hormat akan bapamu dan akan ibumu, supaya dilanjutkan umurmu dalam negeri, yang dianuderahkan Tuhan, Allahmu kepadamu.
f. Jangan kamu membunuh
g. Jangan kamu berbuat zina
h. Jangan kamu mencuri
i. Jangan kamu mengatakan kesaksian dusta akan sesamamu manusia
j. Jangan kamu ingin akan rumah sesamamu manusia, jangan kamu ingin akan bini sesamamu manusia, atau akan hambanya laki-laki, atau akan sahayanya perempuan, atau akan lembunya, atau akan keledaianya, atau akan barang apa-apa sesamamu manusia punya.
2. Tentang Tuhan
Agama yahudi adalah agama yang pertama sekali dalam sejarah yang mengajarkan bahwa Tuhan itu Esa. Orang-orang yahudi menyebut Tuhan mereka dengan Tuhan israil yang bernama yahweh dan yahweh itu esa. Berdasarkan kitab turat yang diwahyukan tuhan kepada mereka. Namun keesaan Tuhan itu sudah diajarkan juga oleh nabi-nabi sebelumnya, mulai dari Nabi Adam Nuh dan seterusnya.
3. Tentang Manusia
Orang yahudi memperhatikan kesadarannya akan keterbatasan jasmani manusia : kelemahannya, kerentaannya, terhadap penyakit, dan umurnya yang singkat. Namun perubahan itu belum tuntas jika kita belum menambahkan bahwa keterbatasan yang paling dasar terletak dalam jiwanya dan bukan dalam badan jasmaniyah. Manusia bukan saja lemah ia juga penuh dengan dosa.
4. Tentang Ibadah
Orang Yahudi melakukan sembahyang tiga kali dalam sehari, yaitu pada pagi hari (Shaharith), dilaksankan mulai terbit fajar sampai sepertiga panjangnya siang hari atau sampai sekitar jam 10.00. Sore hari (Minhah), mualai sesaat matahri condong kebarat atau setelah lewat tengah hari, sampai matahari terbenam, jadi sekitar jam 12.15 sampai 18.00 dan malam hari (ma’arib), mulai sesaat matahri terbenam, atau setelah malam tiba, sampai saat menjelang fajar. Dalam shalat tersebut mereka mengucapkan beberapa do’a yang dikenal dengan tefillah atau amidah yang berarti shalat berdiri. Membaca Taurat dan Talmud dianggap ibadah. Taurat, Misnah, dan Taurat mereka baca setiap pagi. Hari Sabbath (sabtu) tidak boleh bekerja, melainkan untuk ibadah, belajar, Istirahat, dan makan bersama keluarga.
Tentang khitan pada agama yahudi yaitu anak laki-laki diaharapkan untuk disunat pada waktu masih bayi. Seperti perjanjian nabi brahim dengan Tuhan. Ketika sudah dewasa mencap[ai kematangan maka akan dirayakan karena menjadi masyarakat yahudi
5. Tentang Hari Suci
Nama-nam bulan dan hari-hari
yang disucikan oleh umat Yahudi Syari’ah Yahudi
No Nama bulan Yahudi Nama bulan masehi Hari-hari yang disucikan
1 Abib atau Nissan April Paskah
2 Ijjar atau Ziv Mei
3 Sevan Juni Pentakosta
4 Tammuz Juli
5 Ab Agustus
6 Elul September Hari penebus dosa
7 Ekhamim/Tushri Oktober Hari perdamaian besar
8 Markhisvan atau Bul November Hari pondok daun
9 Kislev Desember Hari raya pembaharuan Bait Suci
10 Tebet Januari
11 Skhebet Februari
12 Adar Maret Hari raya Purim
13 Bulan kabisat Vea dar Maret

D. Etika
Menurut para Rabbi, didalam kitab perjanjian lama terdapat tidak kurang dari 613 perintah yang ada kaitannya dengan tingkah laku manusia, oleh karena itu etika yahudi pada hekekatnya adalah etika yang didasarkan kepada perjanjian lama itu. Dasar Yahudi sebagai suatu sistem undang-undang agama dan moral adalah kesucian. Kesucian di sisni mempunyai dua aspek, yaitu negatif dan positif. Kesucian agama segi negatif, yaitu meninggalkan segala bentuk keberhalaan yang menjijikkan. Dan kesucian segi positif yaitu berpegang teguh kepada kepercayaan dan peribadatan yang telah diwahyukan Tuhan kepada mereka.
Hal yang amat penting bagi hukum kesucian etika adalah keadilan dan kebenaran. keadilan merupakan aspek negatif daripada kesucian, sedangkan kebenaran adalah aspek positifnya. Maka kebenaran menjadi dasar hakiki daripada etika Yahudi. Orang Yahudi harus menghormati hahk-hak asasi manusia sesuai dengan ajaran Talmud. Orang harus menjaga keselamatan antara sesamanya, tidak boileh aling menyakiti. Orang yang mengacungkan tinjunya kepada orang lain, walaupun tidak sampai memukulnya, adalah dosa atau orang tersebut dianggap telah berosa.
Talmud juga melarang apa yang disebut genebath daath atau mencuri pikiran, yaitu suatu perbuatan atau omongahn berpura-pura. Contohnya menawarkan mengajak seseorang makan atau minum, padahal dia yakin bahwa orang itu tidak akan menerima tawaran atau ajakna itu. Berkata bohong juga sangat dilatang oleh talmud. Katakanlah ya dengan sebenarnya dan tidak dengan sebenarnya. Umat Yahudi mengenal juga apa yang dinamakan mereka Gemiluth Chasadim yang berarrti berbuat kebaikan, yaitu berbuat baik kepada sesama manusia karena kebaikan tuhan.
E. Pandangan Islam
Dalam islam orang-orang yahudi dianggap sebagai salah satu ahli kitab. Agama yahudi lebih dekat dengan islam dalam hal akidah maupun syariah. Buktinya mereka tidak percaya pada ajaran trinitas (musyrik). Mereka mengkhitan anak-anak mereka, mereka mensyaratkan penyembelihan pada hewan-hewan sebelum dimakan.
Agama yahudi mas sekarang mempercayai bahwa terdapat kitab yang paling suci dan paling agung daripada taurah yaitu kitab talmud. Mereka merubah ajaran yang terdapat dalam taurat dan mereka akan celaka.
Maka kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang menulis Al Kitab dengan tangan mereka sendiri, lalu dikatakannya; “Ini dari Allah”, (dengan maksud) untuk memperoleh keuntungan yang sedikit dengan perbuatan itu. Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang ditulis oleh tangan mereka sendiri, dan kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang mereka kerjakan. (al-Baqarah, 2: 79)

BAB III
KESIMPULAN

A. Kesimpulan
Yahudi adalah sebuah nama yang bisa dipkaiakan untuk agama dan bisa pula untuk bangsa. Jadi istilah “Agama Yahudi” dan “Bangsa Yahudi” sama-sama benar keduanya
Kitab suci agama Yahudi adalah Talmud, yaitu sebuah kitab yang diaggap suci orang-orang Yahudi yang berisi ajaran-ajaran agama yang bersifat latin
Ajaran agama Yahudi : 10 perintah Tuhan (The Ten Commandment), Tentang Tuhan, Tentang Manusia, Tentang Ibadah.
Hal yang amat penting bagi hukum kesucian etika adalah keadilan dan kebenaran. keadilan merupakan aspek negatif daripada kesucian, sedangkan kebenaran adalah aspek positifnya.
Dalam islam orang-orang yahudi dianggap sebagai salah satu ahli kitab.

DAFTAR PUSTAKA

Muhammad Abdullah asy-Syarqawi, TALMUD (PT. Sahara: Jatiwaringin, 1991)
Burhanuddin Daya, Agama Yahudi (PT. Bagus Arafah: Yogyakarta, 1982)
Huston smith, agama-agama manusia (jakarta: yayasan obor indonesia,2001)

http://www.nabble.com/tamanbintang-%3e%3e%3e-pandangan-islam-terhadap-agama-non-islam-td14989304.html

  1. ahmad
    Januari 2, 2014 pukul 5:19 pm

    ok gan membantu

  2. Januari 22, 2014 pukul 1:32 pm

    Excellent post. I used to be checking constantly this weblog and I am
    impressed! Extremely helpful info specifically the closing section :) I care for such information a lot.
    I was seeking this certain information for a very lengthy time.
    Thank you and good luck.

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: