Beranda > Tarikh Tasyri' > MACAM-MACAM MUJTAHID DALAM ISLAM

MACAM-MACAM MUJTAHID DALAM ISLAM

MACAM-MACAM MUJTAHID DALAM ISLAM

  1. Mujtahid mutlak, mujtahid tam, atau mujtahid mustakhil : mujtahid yang memiliki ilmu pengetahuan yang lengkap untuk ber-istinbat dengan al-Qur’an dan sunnah dengan menggunakan kaidah-kaidah mereka sendiri dan diakui oleh para imam yang lain. Dengan tidak mengikuti orang lain. Mereka menggali jaln sendiri, untuk mengalirkan berbagai cabang pengetahuan fikih, dengan tidakmengikuti orang lain dalam berijtihad. Tokohnya adalah imam madzhab empat : imam hanafi, imam maliki, imam syafii dan imam imam hambali.
  2. mujtahid dalam madzhab : mereka tidak berijtihad dalam hukum syara’ dengan ijtihad secara mutlak, melainkan mereka hanya berijtihad mangenai kejadian-kejadian dengan dasar ijtihad yang sudah digariskan oleh imam madzhab mereka. Tokohnya antara lain Al Hasan Bin Ziad (wf 204 H), inbul Qosim (wf 191H), Asyhab (wf 204 H) Al Muznni (wf 264 H).
  3. mujtahid dalam beberapa masalah-masalah yang tidak ada riwayat dari imam madzhabnya : mereka tidak menyelisihkan imam-imam mereka dalam berbagai hukum cabang dan dasar-dasar ijtihad, namun mereka hany mengistimbatkan hukum bagi berbagai masalah yang tidak ada riwayatnya menurut ushul fiqih imam mereka dan dengan mengqiaskan kepada cabang-cabang hukum mereka. Tokohnya antara lain : Al Khashshf (wf 261 H), At Thahawi (wf 230 H), Ibnu Rusyd (wf 320 H), al ghozali (wf 450- 505 H)
  4. Ahlu Takhriej : mereka tidak melakukan ijtihad untuk mengistimbatkan hukum pada berbagi masalah. Tetapi keterikatan mereka terhadap dasar-dasar madzhab yang dianutnya serta sumber-sumber pengambilannya maka mereka tidak berusa mengeluarkan sebab-sebab hukumnya serta prinsip-prinsip hukum tersebut

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: