Beranda > campuran > PENGERTIAN EVALUASI, AKREDITASI, DAN SERTIFIKASI

PENGERTIAN EVALUASI, AKREDITASI, DAN SERTIFIKASI

Ketiga hal tersebut dalam pendidikan sangat penting untuk menentukan kelayakan dan mutu dalam lembaga pendidikan, khususnya lembaga formal maupun non formal. Evaluasi adalah kegiatan pengendalian, penjaminan, dan penetapan mutu pendidikan pada setiap jalur, jenjang, dan jenis pendidikan sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan. Lembaga pendidikan dinilai baik atau buruk dapat dilihat setelah mengadakan evaluasi. Masa sekaranng evaluasi dilaksanakan dalam dua tahapan karena sistem yang digunakan adalah semester. Jadi evaluasi dilakuakan pada ujian tengah semester (UTS) dan ujian akhir semester (UAS). Untuk ujian tengah semester dilakuakan agar dapat mengetahui apakah pelajaran yang di berikan pendidik dapat diserap dengan baik oleh peserta didik atau tidak. Jika tidak perlu diadakan perubahan dalam methode-methode mengajar serta memotivasi pesert didik agar semakin giat dalam belajar.

Ujian akhir semester inilah ujian yang sebenarnya, setelah diadakan perbaikan dalam mehode-methode mengajar apakah dapat mengubah atau tidak. Disinilah akan tampak keberhasilan atau kegagalan seorang guru dalam mengajar. Evaluasi peserta didik, satuan pendidikan, dan program pendidikan dilakukan lembaga mandiri secara berkala, menyeluruh transparan, dan sisitematik untuk menilai pencapaian standar nasional.  Jadi tujuan akhir yang harus dicapai adalah standar nasional disini muncul masalah bahwa setiap daerah tidak sama SDMnya, juga tidak sama dalam fasilitas yang dimiliki oleh setiap sekolah, maka evaluasi harusnya dilakukan oleh daerah masing-masing, karena yang tau kemampuan daerahnya.

Akreditasi adalah kegiatan penilaian kelayakan program dalam satuan pendidikan berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan atau dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan pada jalur pendidikn formal dan nonformal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan. Akreditasi ada dua macam yaitu akreditasi A dan akrediatasi B. akreditasi diberikan setelah diadakan evaluasi,  dari evaluasi itu akan menentukan kelayakan sekolah. Akreditasi terhadap program dan satuan pendidikan dilakukan oleh pemerintah atau lembaga mandiri yang berwenang sebagai bentuk akuntabilitas publik. Akreditasi dilakukan atas dasar kriteria yang bersifat terbuka.

Sertifikasi berbentuk ijasah dan sertifikat kompetensi. Ijasah diberikan kepada peserta didik sebagai pengakuan terhadap prestasi belajar dan/atau penyelesaian suatu jenjang pendidikan setelah lulus ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan yang terakreditasi. Sertifikat kompetensi diberikan oleh penyelenggara pendidikan dan lembaga pelatihan kepada peserta didik dan warga masyarakat sebagai pengakuan terhadap kompetensi untuk melakukan pekerjaan tertentu setelah ujian kompetensi yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan yang terakreditasi atau lembaga sertifikasi. Yang memberikan sertifikasi biasanya adalah pemerintah yang dipercayakan pada Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen Pendidikan Agama, kedua lembaga itu yang berhak memberikan sertifikasi. Dalam hal-hal yang bersifat pendidikan umum adalah yang memegang Departemen Pendidikan Nasional seperti matematika, bahasa Indonesia, bahasa inggris, dan lain-lain. Sedangkan dalam ilmu agama yang memegang adalah Departemen Pendidikan Agama. Karena di Indonesia ada bermacam-macam jenis sekolah. Diantaranya, SD, SMP, SMA, juga ada yang menggabungkan antara ilmu agama dan umum diantara, Ibtidaiyyah, Tsanawiyah, Aliyah, dan Semua itu diakui oleh pemerintah.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: