Beranda > campuran > PROGAM BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH DAN MODEL-MODEL BIMBINGAN KONSELING

PROGAM BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH DAN MODEL-MODEL BIMBINGAN KONSELING

PROGAM BIMBINGAN DI SEKOLAH

DAN MODEL-MODEL BIMBINGAN

 

A .Progam Bimbingan Komprehensif

Ada 4 jenis layanan bimbingan konseling

1. layanan dasar bimbingan

layanan bantuan yang dilaksanakan di kelas maupun di luar kelas yang dilakukan secara sistematis, dalam rangka membantu peserta didik untuk mengembngkan potensiny secara mksimal

2. layanan responsif

layanan kepada siswa yang memiliki kebutuhan tau masalah yang memerlukan pertolongan dengan segera. Berifat kuratif dengan menggunakan strategi konseling individual, konseling kelompok, dan konsultasi.

Berbagai masalah yang yang perlu mendapatkan layanan responsif diantaranya

a.       bidang pribadi

b.      bidang sosial

c.       bidang belajar

d.      bidang krier

3. layanan perencanaan individual

layanan bimbingan yang bertujuan untuk membantu individu membuat dan mengimplementasikan rencana-rencana pendidikn, karier dan sosial pribadinya.

B. Pendekatan Bimbingan

Ada 4 jenis pendekatan yaitu :

1. pendekatan krisis

upaya bimbingan yang diarahkan kepada individu yang mengalami krisis atau maslah. Dipengaruhi oleh aliran psikoanalisis , yang lebih mengutamakan pengaruh masa lampau.

2. pendekatan remidial

upaya bimbingan yang diarahkan kepada individu yang mengalami kesulitan.

Dipengaruhi oleh aliran behavioristik yang menekankan pada perilaku klien saat ini dan disini.

3. pendekatan preventif, dan

upaya bimbingan untuk mengantisipasi masalah-masalah umum individu dan mencoba mencegah jangan sampai terjadi masalah

4. pendekatan perkembangan

bertujuan untuk mengembangkan secara optimal individu dan strategi pokoknya adlah memberikan kemudahan dalalm upaya mencapai perkembangannya.

C. Model-Model BimbingAn

Model-model bimbingan yang penting

1.      Konseling Ketrampilan Hidup ( Life Skiil Counseling)

disebut juga skill helping ( lsh ) atau life skill therapy, merupakan suatu model yang intregatif untuk membantu klien agar mampu mengembangkan ketrampilan membantu dirinya sendiri.

tujuan konseling life skiil :

a.       mampu membantu diriny sendiri

b.      menjadi the skiil person

pelaksnan konseling

dilakukan bertahap sesuai dengan tahapan perkembangan seuai dengn kemampuan individu.

2.      Model Konseling RESPECTFUL

kerangka kerja konseling ini menekankan tentang perlunya konselor  menyadari bahwa perkembangan psikologis dipengaruhi oleh faktor-faktor multidimensi    yaitu :

a.       Religius (R)

b.      Latar belakang ras, budaya, atau etnik (E)

c.       Identitas seksual (S)

d.      Kematangan psikologis (P)

e.       Status sosil ekonomi (E)

f.       Tantangan kronologis (C)

g.      Ancaman (threat) terhadap kesejahteraan individu (T)

h.      Sejarah keluarga (F)

i.        Keunikan karakteristik fisik (U)

j.        Lokasi tempat tinggal (L)

  1. Agustus 2, 2013 pukul 3:01 pm | #1

    Thank you for some other fantastic post. Where else could anyone get that type of information in
    such an ideal way of writing? I have a presentation subsequent week, and I’m on the search for such info.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: