Beranda > campuran > Contoh Bilal Sholat Hari Raya Idul Fitri

Contoh Bilal Sholat Hari Raya Idul Fitri

1. Sebelum  Sholat :

Membaca Takbir 3 Kali

2. kemudian membaca:

صلوا سنة لعيد الفطر ركعتين جامعة رحمكم الله ……الصلاة لا اله الا الله

3. setelah selesai  sholat membaca:

يا معاشر المسلمين وزمرة المؤمنين  رحمكم الله

اعلموا…………. ان يومكم هذا يوم عيد الفطر و يوم السرور.

…….. يوم احل الله لكم فيه الطعام……….. وحرم عليكم الصيام …….. انصتوا اثابكم الله ……… واسمعوا اجاركم الله …………. واطيعوا رحمكم الله…………


(ket: seterusnya sama dengan bilal jum’at)

¨      Keterangan : tapi berdanya, dengan bilal sholat jum’at kalau bilal bilal idul fitri dan idul adha setelah imam/khotib mengucapkan salam, bilal tidak adzan, Tetapi membaca takbir 1 kali

(الله اكبر) 3kali  )   لا اله الا الله والله اكبر.  الله اكبر ولله الحمد  )

¨      Tambahan : sholat hari raya itu rakaat yang awal, selain takbiratul ikhram, membaca takbir sebanyk 7 kali. Rakaat ke kedua selain takbir perpindahan rakaat, membaca takbir sebanyk 5 kali.

¨      ADapun khutbah awal membaca takbir sebanyak 9 kali caranya tiga tiga. Khutbah ke dua 7kali.[1]

dikarenakan banyak kontroversi seputar doanya, ini doa bilal sholat jum’at semoga sesuai http://mihwanuddin.wordpress.com/2012/01/03/contoh-bilal-sholat-jumat/


[1] Dikutip dari: Risalah At-tahmidiyyah, disusun oleh: Pondok Darussalam, Buluk Agung, Jaja’ Banyuwangi, Jawa Timur

  1. Andi
    Agustus 5, 2011 pukul 2:29 pm

    Biasanya setelah bacaan bilal tsb diatas sblm khutbah ada doa yg dibaca bilal,bisa minta lafadz nya gak?

    • Agustus 5, 2011 pukul 3:10 pm

      sepengetahuanku doanya sama mas kayak bilal sholat jum’at, untuk doanya
      “Allahumma qowwil islam minal muslimiina wal muslimaat walmu’miniina wal mu’minaat, al-ahyaiminhum wal amwaat wa yassirhum ‘ala mu’anididdin, wakhtim lana minka bil khoir, wayaa khoironnasiriina birohmatika ya arhamarrahimiiin”

      maaf bisanya menulis dengan bahasa indonesia kebetulan arabicnya belum tak instal.

  2. Andi
    Agustus 8, 2011 pukul 10:13 am

    Ok,ada sholawatnya juga ya sprti jum’at sblm khutbah kedua?

  3. Moh. Mushofan
    Agustus 19, 2011 pukul 7:52 am

    اللهم قوى الاسلام من المسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات الاحياء منهم والاموات ويسرهم على معن الدين واختم لنا منك بالخير ويا خير الناصرين برحمتك يا ارحم الرحمين

  4. Moh. Mushofan
    Agustus 19, 2011 pukul 8:00 am

    Apabila tulisan arab yang kami muat di atas kurang benar mohon dibenarkan, terima kasih atas pembetulannya semoga bermanfaat bagi umat islam amin 99x.

    • Agustus 19, 2011 pukul 9:43 am

      tulisan saya pada doa di komentar yang bahasa indonesia kurang a pada kata mu’aanididdin, naasiriin, raahimiin
      untuk mas moh mushrofan makasih atas bahasa arabnya mungkin mengacu pada tulisan indonesia saya jadi kekurangannya sama, memang untuk tulisan indonesia kadang kita malah tidak teliti masalah panjang pendeknya. mohon dimaklumi

  5. Agustus 19, 2011 pukul 9:41 am

    tulisan saya pada doa di komentar yang bahasa indonesia kurang a pada kata mu’aanididdin, naasiriin, raahimiin
    untuk mas moh mushrofan makasih atas bahasa arabnya mungkin mengacu pada tulisan indonesia saya jadi kekurangannya sama, memang untuk tulisan indonesia kadang kita malah tidak teliti masalah panjang pendeknya. mohon dimaklumi

  6. yahya
    Agustus 25, 2011 pukul 12:02 am

    apa doa yang dibaca antara dua khutbah

  7. Asmadi yoga
    Agustus 27, 2011 pukul 8:48 am

    Ass,,, mf pak ust ini bersumberkan dari mna pak tlg penjelasan x,,, mksh

    • Agustus 29, 2011 pukul 1:35 am

      waalaikum salam lha ditulisan yang bawah sudah ada gitu dimana diambilnya,

  8. Agustus 29, 2011 pukul 2:45 am

    kyakx ada yg salah tuh diatas tapi aku ga tau benerx gmn..
    doa bilal WA YASSIR HUM ALAA MU’INI DDIIN..
    kyakx ga gitu deh..

    • Agustus 31, 2011 pukul 1:22 am

      malah seingatku kayaknya wangsurna ‘ala iqomatiddin

      saya juga masih mencari2 mana yang benar pada doanya

    • September 9, 2011 pukul 11:27 am

      terimakasih atas perhatiannya mas mohon dibenarkan kalau ada yang salah kita sama-sama belajar

  9. Agustus 29, 2011 pukul 2:48 am

    trus KOWWIL ISLAAM WAL MUSLIMIN WAL MUSLIMAT…dst. ga usah pake AL-AHYAA’I MINHUM WAL AMWAAT.. kan udah mati kenapa harus di teguhkan..
    tapi ga tau dink yg bener gimana… hehehehe.. aku juga nyari” neh redaksi yg bener tp lom ketemu!! :D

    • Agustus 31, 2011 pukul 1:23 am

      nanti kalau sudah ketemu dishare disini ya mas, semoiga ilmunya dapat membantu dan bermanfaat, mungkin memang doanya banyak versinya

    • September 9, 2011 pukul 11:26 am

      namanya dalam bahasa arab takkid yaitu lafadz untuk mnguatkan

  10. chepy
    Agustus 30, 2011 pukul 2:14 pm

    assalaamu’alaikum.. kebetulan saya lagi nyari nih seruan buat bilal untuk esok hari untuk referensi , bukankah pada shalat iedul fitri seruanna ada 2 :
    1. Seruan Bilal untuk melaksanakan shalat Ied
    2. Seruan Bilal untuk khotib naik mimbar dan doa diakhirana

    jika ada yg punya bacaanna saya bisa memintana untuk tugas esok hari
    terima kasih

    • Agustus 31, 2011 pukul 1:20 am

      seruan pertama
      صلوا سنة لعيد الفطر ركعتين جامعة رحمكم الله ……الصلاة لا اله الا الله
      setelah itu sholat

      setelah sholat seruannya
      يا معاشر المسلمين وزمرة المؤمنين رحمكم الله
      sampai selesai

  11. Mecky
    Agustus 31, 2011 pukul 4:22 am

    kalo aku biasanya gini prend “wa yas sirhum ‘alaa ikoomatidiinil kowiim, robbikhtim lana minka bil khoir” dst.
    kalo ada yang salah mohon diberi pengarahan

  12. Mecky
    Agustus 31, 2011 pukul 4:25 am

    apakah boleh seorang bilal kalo g hafal lafadznya waktu naik mimbar sambil membaca… soalnya aku belum hafal nih…??? mohon pencerahanya…????
    tq

  13. leny
    November 2, 2011 pukul 10:43 pm

    ass. bisa minta bacaan bilal shalat hari raya idul adha nggak? syukron

  14. Desember 5, 2011 pukul 5:30 pm

    Bacaan bilalnya mna?

  15. hasan
    Desember 13, 2011 pukul 6:49 pm

    bilal idul adha nya mas

  16. hisyam
    Februari 17, 2012 pukul 9:32 am

    saya pernah di coment saat habis bilal idul fitri. padahal lafadznya juga gitu.
    knpa yaw???

  17. Agus
    Oktober 25, 2012 pukul 12:04 pm

    ALAA MU’AANIDIDDIN…ato ALAA MU’AANIDDIN… kok tulisan arab sama bahasa indonesianya beda, yg bener mana ya… Jzk

  18. moch.toha
    Oktober 25, 2012 pukul 2:12 pm

    trimakasih ,tp lebih baik titik2nya diisi

  19. Agustus 5, 2013 pukul 5:05 am

    Maaf sekedar menambahi:
    Yang benar berdasarkan bahasa adalah:

    على مناند الدين ( ‘Ala Mu’anidid Diin) Mu’anidun artinya org yang melawan,penghancur, pemberontak, jadi Mu’anididdin artinya orang yang melawan, menghancurkan, atau memberontak dalam agama.

    Sehingga lengkapnya adalah ” wan shurhum ‘ala mu’anididdin” adalah Ya Allah tolonglah mereka dari para penghancur dan pemberontak agama.
    Demikian sekedar masukan.

    • April 18, 2014 pukul 11:31 pm

      dalam doa tersebut mungkin ada beberapa versi. kalau dalam doa sholat jumat versi yang saya tulis menggunakan wayassirhum ‘ala iqomah ad-din (yang digunakan di dalam pondok ploso kediri)sepengethuanku kalau tidak salah artinya
      yassir : mudahkanlah,
      hum: mereka
      ‘ala : dalam, untuk
      iqomah : mendirikan,
      ad-din : agama

  20. muhammad isnaini
    Februari 15, 2014 pukul 6:13 pm

    untuk teman teman ikitulah yang kalian tahu jangan perbesar perbedaan yang penting kita baca do’anya.ingat kebenaran hanya milik allah coz ada juga yang tidak baca do’a itu.kalau setahu ku doanya allahumma qowil islam minal muslimina wal muslimat wangsurhum ‘ala mu’aniddina ya rohbihtihim lana mingka bil khoir birohmatika yaa arhamarrohimiin.tapi aku juga pernah mendengar dada yang nambahin alahyai hum wal afat.semoga bermanfaat dan berkah.amin

  1. Januari 22, 2014 pukul 8:01 pm

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: