Beranda > campuran > Metode Pembelajaran Active Learning dan Konvensional

Metode Pembelajaran Active Learning dan Konvensional

Metode Pembelajaran Active Learning

metode pembelajaran active learning :

metode yang digunakan dalam proses pembelajaran yang melibatkan siswa untuk aktif

1. Reading a Load

  • Merupakan metode pembelajaran aktif dimana siswa disuruh membaca dengan keras secara bergantian kemudian guru memberhentikan pada point-point tertentu untuk dijelaskan. Membaca sebuah teks keras-keras ternyata dapat membantu siswa memfokuskan fikiran, mengajukan pertanyaan dan menstimulasi diskusi.[1]

 2. Jigsaw Learning

  • Dalam strategi ini tugas-tugas yang berbeda diberikan kepada kelompok siswa yang berbeda, setiap kelompok mengajarkan kepada siswa lain apa yang ia pelajari.[3]

3. Index Card Match

  • Metode ini merupakan metede pembelajan aktif yang memungkinkan siswa untuk berpasangan sesuai dengan kartu yang di pegang dan sesuai dengan intruksi guruInformation search Metode ini bisa disamakan dengan open book. Disini siswa di beri pertanyaan-pertanyaan yang sesuai dengan topic pembahasan kemudian siswa di perintahkan mencari informasi untuk menjawab pertanyaan tersebut. Kemudian guru membahas jawaban siswa dan memperluas cakupan pembelajaranya.[4]

4. Tanya Jawab

  • Metode Tanya jawab adalah salah satu tehnik mengajar yang dapat membantu kekurangan yang terdapat dalam metode ceramah. Yakni dengan memberi pertanyaan kepada siswa dan memusatkan perhatian siswa untuk merangsang  dan melatih siswa mengembangkan daya pikir serta kemampuan dalam mengingat.[5]

5. Sosio Drama

  • Metode Sosio drama ini merupakan kegiatan belajar sekaligus bertindak memberi siswa kesempatan untuk mengalami penerapan topic dan isi materi yang dipelajari atau didiskusikan di kelas dalam situasi kehidupan sesungguhnya. Sebuah proyek luar biasa- kelas menghadapkan mereka pada cara penemuan dan memungkinkan mereka untuk menjadi kreatif dalam bertukar pendapat tentang penemuan mereka dengan sesama siswa. Keunggulan dari metode pembelajaran ini adalah bahwa ia bisa digunakan dengan mata pelajaran apa pun.[6]

metode pembelajaran konvensional:

pembelajaran yang hanya terpusat pada guru sendiri disini siswa tidak berperan aktif.

Metode Ceramah

  • Metode ceramah atu metode khotbah, yang oleh sebagian para ahli, metode ini disebut one man show method adalah suatu cara penyampaian bahan pelajaran secara lisan, oleh guru di depan kelas atau kelompok.[2]

[1]    Melvin L. Silberman,  Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif  (Bandung : Nusa Media, 2006), hal 152.

[2]     Mahfudz,dkk, Salahuddin,Metodologi Pendidikan Agama, Surabaya :Bina Ilmu 1987, hal 43

[3]    Melvin L. Silberman,  Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif  (Bandung : Nusa Media,  2006), hal, 178.

[4] Ibid, hal 164

[5] Zakiyah Drajat, dkk, Metodik Khusus PengajaranAgama Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 1995, hal, 307.

[6] Silberman,  Active Learning, hal, 202.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 25 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: