Beranda > campuran > ISI (JUMLAH SURAT AL-QUR’AN , AYAT AL-QUR’AN , KALIMAT AL-QUR’AN DAN HURUF AL-QUR’AN ) DAN PESAN-PESAN AL-QUR’AN

ISI (JUMLAH SURAT AL-QUR’AN , AYAT AL-QUR’AN , KALIMAT AL-QUR’AN DAN HURUF AL-QUR’AN ) DAN PESAN-PESAN AL-QUR’AN

pengen menulis tentang hal tersebut karena ada anak kecil PEyang bertanya tentang jumlah ayat al-quran saat itu saya belum bisa menjawabnya,  semoga bisa menjadi pengetahuan. selain itu bisa lebih mudah dalam mendapatkan informasi tentang hal tersebut. oleh karena itu saya menulis tentang hal tersebut.

Al-Qur’an diturunkan kepada nabi Muhammad SAW. kurang lebih 23 tahun dalam 2 fase, yaitu 13 tahun fase sebelum beliau hijrah ke madinah (makkiyah), dan 10 tahun sesudah hijrah ke madinah  (madaniyah) . isi Al-Qur’an terdiri atas 114 surat, 6236 ayat, 74437 kalimat, dan 325345 huruf. proporsi masing-masing tersebut fase tersebut adalah 19/30  (86 surat)  untuk ayat-ayat makiyah. dan 11/30  (28 surat) untuk ayat madaniyah.

dari keseluruhan isi Al-Qur’an itu, pada dasarnya mengandung pesan-pesan sebagai berikut :  (1) masalah tauhid, termasuk didalamnya masalah kepercayaan terhadap yang gaib;  (2) masalah ibadah, yaitu kegiatan-kegiatan dan perbuatan-perbuatan yang mewujudkan dan menghidupkan didalam hati dan jiwa;  (3) masalah janji dan ancaman, yaitu janji dengan balasan baik bagi mereka yang berbuat baik dan ancaman atau siksaan  bagi mereka yang berbuat jahat, janji akan memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat, janji dan ancaman di akhirat berupa surga dan neraka;  (4) jalan menuju kebahagiaan dunia dan akhirat, berupa ketentuan-ketentuan dan aturan-aturan yang hendaknya dipenuhi agar dapat mencapai keridhoan Allah;  (5) riwayat dan cerita, yaitu sejarah orang-orang yang terdahulu baik sejarah bangsa-bangsa, tokoh-tokoh, maupun Nabi dan Rasul-rasul Allah.

selanjutnya abdul wahab khalaf  (seingat saya pengarang tarikh tasri’) lebih memerinci pokok-pokok kandungan   (Pesan-pesan) Al-Qur’an kedalam 3 kategori, yaitu:

a. masalah kepercayaan  (i’tiqadiyah). yang berhubungan dengan rukun iman kepada Allah, malaikat, kitabullah, rasulullah, hari kebangkitan, dan takdir.

b. masalah etika  (khuluqiyah), berkaitan dengan hal-hal yang dijadikan perhatian bagi seseorang untuk berbuat keutamaan dan meninggalkan kehinaan.

c. masalah perbuatan dan ucapan  (‘amaliyah), terbagi kedalam 2 macam:  (1) masalah ibadah, berkaitan dengan rukun islam, nazar, sumpah dan ibadah-ibadah lain yang mengatur antara hubungan manusia dan Allah SWT;  (2) masalah mu’ammalah, seperti seperti akad, pembelanjaan, hukum, jinayat dan sebagainya yang mengatur hubungan manusia demngan manusia lain, baik perseorangan maupun kelompok. masalah muammalah ini berkembang menjadi 7 bagian, yaitu:  (a) maslah individu  (ahwal al-syahsiyah), misalnya : maslah keluarga, hubungan suami istri, sanak kerabat, dan pengaturan rumah tangga, yang di dalam al-Qur’an sebanyak kurang lebih 7 ayat;  (b) masalah perdata  (madaniyah), yaitu berkaitan dengan hubungan perseorangan dengan masyarakat, misalnya : jual beli, sewa menyewa, gadai dan sebagainya yang berhubungan dengan hasil kekayaan, sebanyak 70 ayat;  (c) maslah pidana  (jinayah), yang berhubungan dengan perlindungan hak-hak manusia, sebanyak 30 ayat;  (d) maslah perundang-undangan  (dustiriyah), hubungan antar hukum dan pokok-pokoknya, seperti hubungan dengan hakim dengan terdakwa, hak-hak perseorangan, dan hak-hak masyarakat, sebanyak 10 ayat;  (e) maslah hukum acara  (mu’rafat), yaitu yang berkaitan dengan hubungan negara islam dengan negara-negara non islam, tatacara pergaulan dengan selain muslim di dalam negara islam. baik dalam keadaan perang maupun damai, sebanyak sekitar 25 ayat;  (g) maslah ekonomi dan keuangan  (iqtishodiyah dan maliyah), yaitu berjkaitan dengan hak si miskin pada harta orang kaya, sumber air, minyak, bank, hubungan antar negara, dan rakyatnya, sebanyak kurang lebih 10 ayat.sumber : Erwin Yudi Prahara M.Ag, Buku Paket Materi Pendidikan Agama Islam hal 49.

  1. nailim musa'adah
    Juni 29, 2013 pukul 3:38 pm

    syukron jaziila…mg bermanfaat. tp yg sampe skrg sy blm menemukan jwbnnya adalah tentang jmlh ayat. yang seperti kita pelajari bahwa jmlh ayat dalam Alquran ada 6236 ayat, tp stlh saya hitung ternyata tidak sesuai. bgmn kita meyikapinya?jmlh 6236 ayat itu sumbernya dr mana? trims brt tas jwbnya

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: