Beranda > campuran > MUNCULNYA KEKUATAN BANGSA BARAT DAN GERAKAN EKSPANSI KE DAERAH LAIN

MUNCULNYA KEKUATAN BANGSA BARAT DAN GERAKAN EKSPANSI KE DAERAH LAIN

Sebab- sebab munculnya kekuatan bangsa barat dan gerakan ekspansi ke daerah lain:
A. Akibat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
Pada abad ke 17 sudah berdiri suatu perhimpunan di kota london. Perhimpunan ini bertujuan untuk memajukan ilmu, terutama matematika dan fisika. Masyarakat dan pemerintahan membantu kegiatan penelitian ilmu itu. Dimana-mana dieropa berdiri akademi dan lembaga untuk memajukan ilmu.
Kemajuan ini menyebabkan perkembangan dan kemajuan pada kehidupan masyarakat. Orang membuat berbagai macam alat kerja dari hasil penelitian itu. Alat kerja ini menambah perekonomian. Sekitar abad 16 sudah ditemukan alat untuk merajut kaos kaki. Kemudian tahun 1733 M, John kay berhasil membuat alat tenun baru yang dapat bekarja lebih cepat. Pada tahun 1765 M, Hargreaves berhasil membuat alat pintal yang dapat memintal berpuluh puluh gulung benang sekaligus.
Pada tahun 1780 terjadi revolusi industri diinggris. Industri besar telah berkembang dengan menggunakan tegnologi modern dan model raksasa. Harga barang-barang industri menjadi murah, sebab saat itu tenaga manusia banyak digantikan oleh tenaga mesin yang lebih murah seperti penemuan mesin uap oleh james watt tahun 1769 M, dan alat tenun oleh cartwright tahun 1785 M. Penemuan ini menyebabkan inggris menjadi negara industri.
Akibat dari perkembangan ilmu dan teknologi itu, natara lain adalah: banyaknya tenaga manusia yang tak terpakai, nasib para pekerja pabrik yang ada juga mat menyedihkan. Tempat bekerja mereka tidak memenuhi sayarat, waktu bekerja cukup lama, tidak kurang dari 12 jam dalam sehari.
Para pemilik pabrik berlomba-lomba memperoleh keuntungan yang besar, dengan cara merugikan masyarakat. Nafsu besar untuk memperoleh keuntungan menyebabkan para majikan menjadi bercorak kapitalisme. Karena mereka butuh pasar untuk menjual hasil produksinya.gar memperoleh keuntungan yang besar, maka akibatnya semakin besar pula nafsu untuk menguasai daerah-daerah lain. Ini menimbulkan imperialisme (penjajahan) yang menjajah negar-negara lain.
Negara-negara islam yang sedang dalam keadaan mundur, menjadi sasaran utama kaum imperialisme ini, sehingga nasib yang dialami oleh negara-negara terbelakang sangat ditentukan oleh negara-negara kapitalisme yang kaya raya dengan sistem penjajahan ini.
B. Berlomba-lomba Mencari Daerah Baru
Dengan adanya revolusi industri, maka hasil industri sangat melimpah ruah, sehingga terjadi “OVER PRODUKSI” dan hasil indrusti tidak terjual dinegara sendiri. Konsumen dalam negeri tidak bisa menghabiskan produksi, tetapi pemilik modal tetap ingain mendapat keuntungan besar, karena kondisi itu negara-negara industri harus memperluas daerah pasar. Mereka mencari negara-negara yang dapat dijadikan pasar hasil produksinya. Disamping itu para kapitalis memerlukan bahan mentah bagi industrinya. Karena bahan mentah itu tidak tersedia dinegerinya, dan pasar dalam negeri sudah penuh serta tidak mapu menjual produksinya, maka jalan yang mereka ambil secara mudah adalah menjajah negar-negara lemah, terutama adalah asia dan afrika
Mereka berlomba-lomba mencari daerah baru seperti :
1. Inggris menjajah daerah islam antara lain : Mesir, Jazirah Arab, Yaman, Irak, Iran, Afganistan, dan India (Pakistan)
2. Perancis menjajah daerah Maroko, Aljazair, Tunisia, Libya, Libanon, dan Suriah.
3. Spanyol menjajah daerah : Mindanao (Filipina Selatan)
4. Portugal menjajah : Malaka (Malaysia)
5. Belanda menjajah negara : Indonesia
6. Rusia menjajah Daerah : Kaukasia, Armenia, Turkministan, Tajikistan, Kazachtan, Azerbeyzan, Uzbekistan, Bukhara, dan Samarkand

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: