Beranda > Tarikh Tasyri' > KARAKTERISTIK EMPAT IMAM MADZHAB

KARAKTERISTIK EMPAT IMAM MADZHAB

1. Imam Abu Hanifah

Dia bernama An Nu’man bin Tsabit. Lahir di Kufah pada tahun 80 H, dan wafat di Bagdad pada tahun 150 H. Imam Abu Hanifah terkenal dengan ahlurra’yi karena seperti yang pernah dikatakannya sendiri : “ssesungguhnya aku berpegang kitab Allah kalau saya temui ketentuan hukumnya. kalau tidak saya temui didalamnya, maka aku berpedoman pada sunnah Rsulullah dan atsar-atsar yang shahih dari beliau yang tersebar ditangan orang-orang yang terpercaya. kalau masih tidak saya temui dalam kitab Allah dan sunnah Rasulillah, maka aku berpedoman pendapat sahabat-sahabat beliau, dan saya tinggalkan orang yang saya kehendaki, kemudian aku tidak keluar dari pendapat mereka lainnya. kalau masalah tersebut terhenti pada Ibrahim As Syabi, Al Hasan, Ibnu Sirin, dan Said bin Al Musayyab, maka aku berijtihad sebagaimana mereka berijtihad.

Imam Abu Hanifah dikenal dengan ahlurra’yi karena mengambil hukum berdsarkan Al-Qur’an, Sunnah Rasul, Ijma’, Qiyas selain itu juga dengan menggunakan Al-Istihsan, Maslahah Mursalah, dll.

2. Imam Malik

Dia adalah Malik Bin Anas Al-Ashabi, berasal dri Yaman. Lahir tahun 93 H di MadinahMunawwaroh, dan Wfat pada thun 173 H.

Imam malik terkenal dengan Ahlul Hadist Karena Dipengaruhi oleh tempat tinggalnya yang berda di Madinah. dalam mengambil ftwa hukumnya, dia bersandar kepada kitab Allah untuk pertama klinya, Kemudian Kepada Assunah. Tetapi beliau mendahulukan amalan penduduk madinah Daripada hadist Ahaad kalau terbukti membedainya. sebab beliau berpendirian bahwa penduduk Madinah itu mewarisi apa yang mereka amalkan dari ulama’ salaf mereka, dan ulama’ salafnya mewarisi dari sahabat, maka hal itu lebih kuat daripada hadist ahad.

3. Imam Syafi’i

Dia adalah Muhammad bin Idris As Syafi’i Al-quresy. dia bertemu nasan dengan nabi SAW. pada Abdi Manaf. Dia lahir Pada Tahun 150 H di desa Ghuzah.dan wafat di mesir Tahun 204 H.

Imam syafi’iterkenal denagan Ahlul Hadist dan ahlurro’yi. imam syafii belajar ilmu Fiqh pada Syaihul Haram dan Muftinya yaitu Muslim bin Khalid. dan merantau ke Madinah bertemu dengan Imam Malik dan belajar Muwatto’. kemudian dia pergi ke iraq dan bertemu dengan rekan Imam Abu Hanifah Yaitu Muhammad Bin Al Hasan.

4. Imam Ahmad

Dia Ahmad bin Muhammad bin Hanbal As Syaibani Al Marzaki. dia lahir di marwa tahun 164 H, dan Wfat di bagdad Tahun 241 H.

Imam ahmad terkenal dengan Ahlul hadist karena pada zamannya ia bertemu dengan para Imam hadist Besar diantaranya Al-Bukhari dan Muslim.

 

jadi karakteristik dari masing-masing imam Mdzhab berbeda-beda, hal ini dipengaruhi oleh:

1. lingkungan dimana dia tinggal seperti pada imam malik yang tinggal dimadinah.

2. dipengaruhi oleh keilmuan

Sumber : Prof.Ab.Wahhab Khollaf, Khulashoh Tarikh Tasyri’ Islam dan Terjemahannya (solo:Ramdhani, 1993),  penerjemah Kh. A. Aziz Masyhuri

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: