Beranda > Berita Seputar Ponorogo dan Sekitarnya > Suara Gumuruh Misterius di Ponorogo

Suara Gumuruh Misterius di Ponorogo

gunung wilis adalah salah satu pegunungan yang berada di indonesia. Memiliki banyak puncak yang sebagian diantaranya sulit dan tidak dapat didaki. Gunung yang terletak perbatasan 6 kabupaten (Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Madiun dan Nganjuk). akhir akhir ini warga ponorogo resah dengan adanya suara-suara gemuruh yang sangat keras sekali. lebih lebih para warga yang tinggal disekitar lereng gunung wilis.

Jakarta – Suara gemuruh misterius terdengar di Kota Ponorogo, Jawa Timur. Suara ini membuat warga resah apalagi ditambah dengan SMS berantai yang menakutkan.

“Suaranya bukan dari petir. Paling sering terdengar malam hari,” kata Suyadi, warga Kecamatan Sooko, Ponorogo, Jawa Timur, melalui info anda detikcom, Jumat (18/2/2011).

Suyadi menyatakan, suara itu terdengar dari sebalah timur kota yang terkenal akan kesenian reognya tersebut. Suara ini mulai terdengar sejak tiga minggu lalu. “Terdengar dari sekitar Gunung Wilis,” katanya.

Suyadi mengatakan, suara ini cukup keras terdengar di Kecamatan Sooko, Pulung dan Ngabel. Malahan mata air hangat yang ada di Kecamatan Ngabel sudah beberapa hari ini berhenti mengalir.

“Sampai saat ini belum diketahui suara ini berasal dari mana,” katanya.

Suara ini menimbulkan keresahan warga Ponorogo, apalagi ada pesan singkat yang menyatakan adanya lima kecamatan di kota itu yang akan ambles. “Teman saya dapat sms itu, saya jadi makin khawatir. Tolong pihak yang terkait menyelidiki asal suara itu,” katanya. (detiknews)

BMKG Belum Pastikan Suara gemuruh gunung Wilis

Sebagaimana diketahui bahwa sejak tanggal 26 januari 2011 lalu  telah terjadi fenomena alam berupa suara gemuruh yang terdengar di sekitar wilayah ngebel lebh-lebih pada malam hari suara tersebut terdengar begitu jelas, belum jelas titik lokasinya dan hal inilah yang membuat warga disekitar wilayah timur Ponorogo merasa kawatir jikalau ternyata ada gunung berapi yang belum terpantau oleh Pemerintah.

 

Seperti yang diketahui bahwa di Kabupaten Ponorogo tidak terdapat gunung berapi namun penduduk disekitar kaki gunung Wilis itu merasa terancam jika ternyata Gunung Wilis bisa beraktifitas layaknya gunung berapi, namun kemarin Kepala Stasiun Geofisika Kelas II Tretes Malang Petrus Demonsili menjelaskan dihadapan Bupati Ponorogo di Gedung Bantarangin bahwa lokasi suara gemuruh berada di arah timur Km 14-30 Ds. Wagir Kidul Pulung Ponorogo.

Masih menurut Petrus suara gemuruh yang disertai getaran tanah tersebut masih berintensitas rendah  yang bersumber dari gempa seismic berkekuatan ringan dengan skala 2 MMi dan tidak berbahaya. Karena kewenangan BMKG hanya sebatas dalam pemetaan lokasi dan kekuatan getaran gempa maka pada tanggal 12 Pebruari tim dari Geofisika Bandung tiba di seputar lokasi sumber suara untuk meneliti dan medeteksi penyebab sumber suara yang disertai dengan getaran tersebut. Sampai berita ini ditulis Tim dari Bandung masih belum memberikan konfirmasi kejelasan tentang fenomena suara gemuruh ini. (indonesia-admin)

 

  1. Februari 19, 2011 pukul 11:03 pm

    Semoga saja tidak terjadi SESUATU YANG MEMBAHAYAKAN…. Kalau di wilayah kita Ponorogo terjadi demikian “Ada Prediksi Beberapa Tempat Bakal Ambles, meskipun hanya Info dan beberapa Bukti Pemindahan Rumah di sekitar Desa Jurug Sooko”, namun di wilayah Nganjuk aneh juga dan perlu kita waspadai, yakni: KERETAKAN TANAH MEMANJANG 2Km dan Berkedalaman 5m.
    Mangga semua pihak yang terkait segera bergegas menyelidiki apa yang bakal terjadi… Amblesnya Tanah? Putusnya Tanah di Sekitar wilayah itu? Atau bahkan akan timbul dampak yang lebih besar lagi… kita tidak tahu? Maka dengan amat sangat.. untuk segera dilakukan oleh semua pihak terkait… 1). Bertindaklah dengan secepat dan sebaik mungkin…! 2). Beritahukan segala kemungkinan yang akan terjadi…! 3). Berikan solusi terbaik kepada masyarakat sekitar…! 4). Jangan lengah dan perlu sekali waspada …..! 5). Berdoa dan bertawakal-lah… semoga yang bakal terjadi adalah merupakan simbul peringatan bagi kita semua…! Akhirnya Ya… Allah … berikan pada kami apa yang terbaik menurut yang engkau kehendaki… hindarkan kami semua dari bahaya yang bakal Engkau berikan…! Mulai kini kami akan bangkit untuk selalu mengingat dan melaksanakan semua Petunjuk-MU … Selamatkan kami semua… Amin.

    • mihwanuddin
      Februari 20, 2011 pukul 4:18 am

      Amin semoga ponorogo tidak mengalami bencana alam dan tetap menjadi daerah yang aman

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: