Beranda > campuran > Pandangan Filosof Terhadap Roh (Menurut Al-Kindi)

Pandangan Filosof Terhadap Roh (Menurut Al-Kindi)

masalah roh termasuk kedalam pembicaraan yang cukup menarik dikalangan filosof islam.

menurut alkindi roh adalah berbeda dari badan dan ia mempunyai wujid sendiri. argumen yang dimajukan al-kindi untuk menjelaskan tentang perlainan roh dan badan yang mempunyai hawa nafsu, dan sifat pemarah sedangkan roh menentang keinginan hawa nafsu san sifat pemarah itu.

dengan perantara rohlah manusia dapat memperoleh pengetahuan yang sebenarnya, dan agar roh dapat mencapai pengetahuan yang benar itu, ia harus dapat melepaskan diri dari sifat binatang yang ada dalam tubuhnya, senantiasa hidup zuhud, berfikir tentang hakikat wujud. dengan cara itu roh akan menjadi suci, ketika itu ia kan dapat menangkap gambaran mengenai hakikat segala sesuatu.

roh dalam hal ini tak ubahnya seperti cermin yang dapat menangkap benda-benda yang ada didepannya, dan karena roh adalah cahaya dari Tuhan, maka ia dapat menangkap ilmu-ilmu yang ada padaNya. tetapi kalau roh itu kotor maka sebagaimana halnya cermin yang kotor, ia tidak akan dapat menangkap pengetahuan yang dipancarkan Tuhan.

selain itu roh juga bersifat kekal dan tidak hancur dengan hancurnya badan. hal ini dikarenakan substansi roh yang berasal dari substansi Tuhan. roh selama dalam badan tidak mendapatkan kenikmatan, kesenangan dan pengetahuan sebenarnya. semua itu akan dapat dicapai setelah ia berpisah dengan badan. roh yang telah berpisah dengan badan itu selanjutnya akan pergi kealam al-Haqq (dunia kebenaran)  atau Alam Al-‘Aql (alam akal) yang berada diatas bintang bintang di dalam lingkungan cahaya Tuhan, dekat dengan tuhan dan dapat melihat Tuhan. dan inilah yang disebut kebahagiaan abadi

Daftar Pustaka
Drs. Abuddin Nata, M.A, Ilmu Kalam, Filsafat, dan Tsawwuf (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 1998 hlm, 130-131)

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: