Beranda > campuran > BAB III KESIMPULAN

BAB III KESIMPULAN

BAB III

KESIMPULAN

1.      Masalah merupakan tahap awal dari suatu proses penelitian. Masalah dapat diartikan sebagai suatu penyimpangan antara yang seharusnya dengan apa yang benar-benar terjadi. Masalah penelitian bisa berkenaan dengan kondisi atau kegiatan yang berjalan saat ini, atau pada saat lampau. Keadaan dan kegiatan pada saat ini bisa dilihat hanya dalam konteks saat ini, tetapi bisa dilihat hubungan dengan keadaan pada masa lalu atau kemungkinan perkembangannya pada saat masa yang akan datang. Dan selanjutnya yang tidak kalah penting adalah perumusan judul skripsi. Judul Penelitian merupakan identitas atau cermin jiwa dari penelitian. Judul Penelitian wujudnya merupakan kalimat dan hanya 1 (satu) kalimat pernyataan yang terdiri dari kata-kata yang kongkrit, jelas, singkat, deskriptif dan tidak terlalu puitis.

2.       Langkah-langkah penyusunan proposal antara lain: Adakan identifikasi masalah, Minimal pada satu bidang atau sub bidang ilmu dan profesi kita, Pilih salah satu masalah sebagai fokus penelitian kita, Rumuskan variabel-variabel atau aspek-aspek yang melatar belakangi atau menjadi penyebab fokus masalah tersebut, batasan masalah, Hubungan antara variabel atau aspek-aspek yang terpilih dapat dirumuskan dalam sebuah judul, memberikan defini pada setiap variabel, rumuskan tujuan penelitian,  Rumuskan asumsi-asumsi atau proposisi-proposisi, dan rumuskan metode penelitian yang digunakan disertai penjelasan penggunaan, Rumuskan rencana pengolahan atau nalisa data serta cara menginterpretasikan hasil nalisa data, Rumuskan desain penelitian, yang menunjukkan langkah pengumpulan data secara rinci.

3.      Garis-garis besar isi proposal antara lain adalah: Latar belakang masalah, Merumuskan dan membatasi masalah, Merumuskan definisi operasional atau menjelaskan, Merumuskan tujuan penelitian, Merumuskan asumsi atau proposisi, Merumuskan hipotesis atau pertanyaan penelitian, Menjelaskan manfaat penelitian, Menjelaskan sistematika isi laporan, Menjelaskan metode dan pendekatan penelitian yang digunakan, Menjelaskan teknik dan instrumen pengumpulan data, Menjelaskan populasi dan sampel, Menjelaskan desain penelitian, Menjelaskan teknik analisa data apa yang digunakan,  Interpretasi: menarik makna dari hasil-hasil pengolahan statistik

 

REFERENSI

Prof. Dr. Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007), hlm 297

http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=38742

dunianyasiayu.files.wordpress.com/2009/11/metodepenelitian06.pdf

Kategori:campuran
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: