Beranda > Makalah > PENCAPAIAN KOMPETENSI DAN PELAPORAN

PENCAPAIAN KOMPETENSI DAN PELAPORAN

PENCAPAIAN KOMPETENSI DAN PELAPORAN

Curiculum & Inerse Develop

Lecture    :Mr. Heru Bitono

Di Susun Oleh  :

1.Bustanul Arifin
2.Ika Agustina
3.S.Retno pratiwi
4.Supriyanto
5.Lilik Jarwati

A. Pencapaian kompetensi
*Penilaian harus mengacu pada indikator – indikator yang telah di tentukan.
*Penilaian di lakukan sewaktu kegiatan belajar – mengajar berlangsung atau setelah di capai hasil belajar.
*Penilaian disusun dalam rangka menciptakan bagi siswa untuk memperlihatkan kemampuan mereka dalam kaitannya dengan tujuan yang ingin dicapai.

Indikator dapat dijaring dengan beberapa soal/tugas.Selain itu, sebuah soal/tugas dapat dirancang untuk menjaring informasi tentang ketercapaian beberapa indikator.
Bagi siswa yang belum mencapai kompetensi yang diharapkan,maka siswa diberi kesempatan untuk mengikuti remidial seperti menjawab pertanyaan sesuai dengan topiknya,membuat rangkaian pelajaran,atau mengerjakan tugas mengumpulkan data.

B.Laporan Sebagai Akuntabilitas Publik.

Laporan kemajuan belajar siswa merupakan alat komunikasi dan sarana kerjasama antara sekolah dan orang tua yang bermanfaat bagi kemajuan belajar siswa maupun pengembangan sekolah

1.Merinci hasil belajar siswa berdasarkan kriteria yang telah ditentukan dan dikaitkan dengan penilaian yang bermanfaat bagi pengembangan siswa.
2.Memberikan informasi yang jelas,kompherensip dan akurat
3.Menjamin orang tua akan diberikan secepatnya bilamana anaknya bermasalah dalam belajar.

C.Bentuk Laporan
1. Harus disajikan dalam bentuk yang komunikatif.
2. Isi laporan
– Menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
– Menitikberatkan kekuatan dan apa yang telah dicapai anak.
– Memberikan perhatian pada pengembangan dan pembelajaran anak.

– Berkaitan erat dengan hasil belajar yang harus dicapai dalam kurikulum.
– Berisi informasi tentang tingkat pencapaian hasil belajar.
3. Laporan Harian
– Penyerahan hasil tes,tugas atau hasil kerja siswa yang sudah dinilai dan diberi komentar tertulis.

– Setelah hasil tes terbuat ditandatangani oleh orang tua/wali dikembalikan kepada guru untuk di adminitrasi sebagai bukti dan bahan pertimbangan dengan mengisi lapor.
4. Rapor
– Adalah laporan kemajuan siswa dalam kurun waktu satu semester
– Berisi informasi tentang pencapaian kompetensi yang telah ditetapkan dalam kurikulum

D. Laporan disajikan dalam bentuk yang lebih rinci agar orang tua bisa mengetahui hasil belajar anaknya dalam menguasai kompetensi mata pelajaran. Dan harus diberi catatan guru tentang pencapaian kompetensi tertentu sebagai masukan kepada anak dan orang tuanya untuk membantu meningkatkan kinerjanya

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: