Beranda > akhlaq > Sikap Pasif (pengertian sikap pasif)

Sikap Pasif (pengertian sikap pasif)


1. Pengertian Pasif

Biasanya orang pasif cenderung menanti orang lain menghampiri dirinya dan siap menyodorkan bantuan. Namun orang pasif tidak mengutarakan atau tidak mampu mengutarakan keinginannya, orang lain hampir mustahil bersedia atau membantu mewujudkan keinginan yang tidak dimengerti. Itulah sebabnya orang pasif sering tidak bisa memanfaatkan kesempatan.

Orang pasif sulit mengungkapkan perasaannya kepada orang lain. Mereka memendam permasalahan dan menghindari situasi yang tidak menyenangkan; mereka menanti orang lain menghampirinya, dengan siap menyodorkan bantuan. Orang pasif cenderung cepat menyerah, putus asa, dan mengalah pada pendapat orang lain. Akibtnya mereka selalu kalah dan tidak dapat hidup bahagia.

Firman Allah:

Artinya:

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. beri ma’aflah Kami; ampunilah Kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, Maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.”

  1. siti aisyah
    Januari 30, 2012 pukul 2:10 pm

    Assalamualaikum wr.wb
    maaf sebelumnya bapak/ibu, saya aisyah dari SMK N 1 Tarakan ingin bertanya.
    menurut bapak/ibu tentang bagaimana cara menghindari perilaku pasif yang buruk. Seperti mudah putus asa,dan mudah menyerah pada keadaan yang dihadapi???
    tolong dijelaskan terima kasih atas perhatian bapak/ibu sekalian
    wasalam..

    • Februari 5, 2012 pukul 1:14 am

      mungkin solusinya kita harus berfikir husnudzon. pasti masalah tersebut dapat diatasi, yakinlah bahwa Allah tidak akan membebani seseorang kecuali sesuai dengan kemampuannya. maaf kalau jawabannya kurang memuaskan.kadang saya sendiri juga sulit menerapkannya…….,

  2. Maret 14, 2013 pukul 4:49 am

    saya org pasif. Tp sy tdk midah menyerah dan putus asa bgt sj. trlebih lgi sy tdk cepat mengalah dgn pndpat org lain. Jika ada pndpat org lain yg tdk berkenang d hati, mka sy tdk akan mnrimanya.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: